Perkembangan zaman sangat mempengurahi pola kehidupan masyarakat salah satunya dalam transaksi jual beli. Belanja yang semula hanya dilakukan via offline perlahan mulai bertransisi menjadi online. Hal ini memberikan akses lebih luas kepada pembeli untuk menjangkau pedagang di luar tempat tinggalnya. Karena kemudahan ini, terbentuklah beberapa marketplace atau situs jual beli online yang semakin memudahkan pedagang untuk menjajakan produknya.
Layaknya pasar pada umumnya, peran marketplace tidak hanya memudahkan pedagang saja tetapi juga pembeli itu sendiri. Kita bisa mencari produk yang diinginkan dengan menuliskan jenis barangnya kemudian akan tampil semua toko yang menjual produk tersebut. Saat ini kita tidak perlu khawatir sebab keamanan dari marketplace resmi telah terjamin baik dalam sistem pembayaran maupun pengirimannya. Jika kalian takut untuk melakukan pembayaran diawal, sekarang sudah adalah istilah COD (Cash of delivery) dimana kalian bisa bayar ketika barangnya sudah sampai ditempat tujuan. Jadi nggak ada lagi tuh penipuan – penipuan yang merugikan kita.
Dalam berbelanja online, selain pemilihan marketplace, kita juga perlu memperhatikan layanan eskpedisi yang kita gunakan untuk mengantarkan barang ke tempat tujuan.
Kenapa pemilihan ekspedisi perlu diperhatikan?
Layanan ekspedisi sangatlah berpengaruh bagi produk yang kita beli atau jual karena sebaik apapun kita mengemas atau meminta pengemasan barang dengan baik kepada pedagang, masing – masing layanan tetap memiliki cara tersendiri untuk mengemas dan mengirimkan produk yang akan mereka kirimkan. Hal inilah yang menentukan apakah barang kita sampai dalam keadaan aman ataukah sebaliknya.
TIKI dan Beragam Keunggulannya
Tidak semua layanan ekspedisi mampu menjaga kepercayaan para penggunanya. Itu mengapa kita sering melihat banyaknya komplain di media sosial ataupun marketplace terkait kondisi barang mereka yang tiba dalam keadaan tidak baik. Tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang layanan ekspedisi yang terpercaya aman dan nyaman untuk pengiriman produk kalian.
Teman – teman pasti sudah pernah dengar dengan layanan ekspedisi TIKI bukan? Ya, layanan ekspedisi yang sudah berdiri selama 50 tahun dan tersebar di 65 kota di Indonesia. Berbagai penghargaan telah disabetnya sehingga pelayanan TIKI sudah tidak perlu lagi diragukan. FYI, Layanan TIKI tidak hanya menjangkau marketplace atau online shop ternama saja. TIKI juga sudah mendukung UMKM yang tersebar di Indonesia.
A. Fitur – Fitur Terbaik TIKI
Keunggulan pertama dari TIKI bisa kita lihat dengan beragam layanan yang ditawarkan. Layanan ini berlaku di seluruh Indonesia namun ada beberapa juga yang hanya bisa didapatkan di wilayah tertentu. Layanan yang ditawarkan antara lain :
1. Mobile Apps
Tidak hanya bisa diakses melalui website, TIKI telah mengeluarkan Mobile Apps yang bisa kalian download di google play. Aplikasinya bernama TIKI dan telah memiliki rating 3.9 dan jumlah pengguna lebih dari 100 ribu orang. Aplikasi TIKI ini akan lebih memudahkan kalian dalam mengakses layanan yang diinginkan kapanpun dan dimanapun.
2. Sales Counter 24 jam
Biasanya pelayanan ekspedisi hanya bisa dilakukan di jam kerja saja. Keunggulan TIKI lainnya adalah kita bisa melakukan pengiriman barang tanpa perlu mempermasalahkan waktu sebab beberapa gerai TIKI yang ada di kota besar telah buka selama 24 jam.
3. Realtime Tracking
Layanan ini akan sangat memudahkan saat ingin mengetahui dimana lokasi barang kalian dengan waktu sangat akurat. Kalian bisa mengeceknya dengan menelfon Hotline TIKI di 1500125.
4. Layanan Asuransi
Pemberian jaminan asuransi sangat dibutuhkan oleh setiap ekspedisi guna meminimalisir kerusakan barang kita. Asuransi akan memberikan perlindungan lebih terhadap barang yang kita punya dan juga menjadi jaminan ganti ketika barang yang sampai rusak diperjalanan.
5. Email Notifikasi dan SMS Resi
Yang saya suka dari TIKI disini adalah mereka sangat memperhatikan penggunanya dengan memberikan informasi ketika barang telah dikirimkan dan saat barang tiba ditempat tujuan. Tidak tanggung – tanggung, TIKI memberikan pemberitahuan melalui email dan sms sehingga kita tidak perlu repot – repot membuka situs pengecekan resi untuk tau lokasi barang kita.
6. Cash On Delivery
Layanan ini telah tersedia di beberapa marketplace. COD adalah salah satu sistem pembayaran dimana kalian bisa membayar saat barang telah sampai ditempat tujuan sehingga meminimalisir adanya penipuan.
7. E-Signature
Layanan ini adalah tanda tangan digital yang kalian lakukan saat barang telah sampai di tempat. Tidak perlu repot- repot membawa kertas sebab TIKI sudah memiliki layanan e-signature yang akan merekam tanda tangan digital kalian secara akurat.
8. Packaging (Pengemasan)
Layanan ini akan membantu kalian apabila ingin menambah luaran kemasan dari barang yang akan dikirim. Kalian bisa mengajukan keinginan kalian kepada pihak TIKI dan mereka dengan senang hati akan membantu kalian. Semuanya aman dan nyaman.
9. Pick Up Delivery
Layanan ini bisa kalian gunakan jika kalian memiliki banyak barang untuk dikirimkan dan tidak memiliki kendaraan yang memadai. TIKI akan menjemput barang tersebut dan mengirimkannya kepada customer dengan aman.
Untuk Tiki Putar, Jempol Gratis, Drive Thru dan Member TIKI bisa kalian lihat informasi lebih detailnya disini.
B. Sistem Pengiriman TIKI
Layanan yang diberikan TIKI benar – benar lengkap dan memudahkan pelanggannya. Nah, untuk kenyamanan pengiriman barang, TIKI juga sangat memperhatikan kebutuhan pelanggannya. Ada tujuh sistem pengiriman yang bisa kalian pilih diantaranya :
1. SDS (Same Day Service)
Wah kalau kalian mau mengirimkan barang dengan estimasi waktu tiba sama ketika kalian mengirimkan barang tersebut maka boleh banget cobain SDS.
2. ONS (Over Night Service)
Setelah SDS, kalian juga bisa memakai produk yang memiliki estimasi waktu sehari setelah barang kamu tiba di TIKI.
3. TDS (Two Days Service)
Estimasi waktu yang
dibutuhkan untuk layanan ini adalah dua hari setelah barangmu diterima TIKI. Jadi sangat cocok untuk pengiriman dengan jarak yang tidak terlalu jauh.
4. REG (Regular Service)
Pengiriman ini pas untuk kamu yang ingin mengirimkan barang ke luar kota dengan biaya yang murah. Dengan estimasi 3-5 hari sudah cukup untuk pengiriman barang yang jauh.
5. ECO (Economy Service)
Mau kirim barang dengan biaya yang lebih hemat? kalian bisa cobain sistem pengiriman ini. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pilihan sebelumnya, barang kalian akan tetap sampai dalam keadaan aman dan pastinya menghemat pengeluaran. Cocok untuk yang ingin mengirim dengan waktu yang tidak terburu-buru
6. TRC (Trucking Service)
Jika kalian mau mengirimkan barang diatas berat 10 kg maka sistem pengiriman ini sangat cocok untuk kalian pakai. Tidak perlu takut barang akan rusak.
7. INT (International Service)
Pengiriman barang oleh TIKI tidak hanya berlaku untuk domestik saja loh. TIKI juga menyediakan layanan pengiriman yang memudahkan kamu mengirimkan barang ke luar negeri dengan waktu dan biaya yang murah. Tentunya aman dan nyaman.
Kalian bisa memilih layanan diatas sesuai kebutuhan. Jika
tidak terlalu genting bisa pakai yang regular tapi kalau mau yang instans bisa
pilih sds. Meskipun banyak layanan yang ditawarkan, TIKI juga sangat menjaga
kualitasnya dengan tidak menerima sembarangan produk untuk diantarkan. Jika
produk termasuk barang yang membahayakan maka mereka akan menolaknya. Ini demi
keselamatan si penerima dan pihak yang berada di transportasi yang sama dengan
barang yang dikirimkan.
Untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa cek website TIKI disini atau unduh mobile apps-nya di google play kalian masing - masing untuk mengecek layanannya dengan cepat dan mudah.
Pengalaman Menggunakan Jasa Pengiriman TIKI
Saya pertama kali melakukan transaksi jual beli online ketika duduk di bangku perkuliahan. Hingga saat ini, saya semakin sering berbelanja online karena tidak bisa keluar rumah.
Saat saya sangat suka membaca buku, namun toko buku yang ada didaerah saya sangat terbatas sehingga saya mencoba mencari buku di marketplace. Setelah menemukan toko yang pas dan terpercaya, saya akhirnya membayar tagihan yang tertera.
Saya memilih jasa pengiriman, saya melihat ada beberapa ekspedisi yang ditawarkan beserta estimasi waktu yang diberikan. Karena kebutuhan saya sesuai dengan layanan TIKI maka saya memilih menggunakan itu.
Seperti yang telah saya jelaskan, saya mendapatkan informasi barang yang telah dikirimkan melalui SMS kemudian saya juga bisa langsung cek resi di website resminya. Eh, belum tiga hari ternyata barang saya sudah sampai. Dan buku saya datang dalam keadaan baik.
Semenjak saat itu saya sering menggunakan TIKI sebagai jasa pengiriman barang karena barang bisa sampai tepat waktu dan dengan kondisi yang baik.
Penutup
Saat ini, PPKM kembali mengalami perpanjangan akibat lonjakan pasien covid-19 di beberapa wilayah. Seluruh aktivitas masyarakat kembali terbatas salah satunya dalam berbelanja. Oleh karena itu, belanja online kini menjadi kebutuhan masyarakat yang tidak bisa meninggalkan rumah karena takut terpapar virus. Meski begitu, berbelanja online juga memberikan banyak keuntungan kepada pembeli dengan rangkaian promo yang ditawarkan. Juga kita telah membantu jutaan masyarakat yang kesulitan dalam menggaet pelanggan di masa pandemi ini.
Dan satu hal yang paling penting adalah bagaimana memilih jasa pengiriman barang yang aman, amanah dan nyaman untuk keselamatan barang yang akan kita kirim atau barang yang dikirimkan kepada kita. Mari percayakan semua pada TIKI. Karena TIKI telah menjadi salah satu perusahaan yang terbaik dalam jasa pengiriman dan logistik dengan melayani kebutuhan dan kepentingan pelanggan secara optimal sehingga dikenal di Indonesia dan Internasional.
Selamat menunggu paketan dan jangan lupa untuk stay safe in your home. Thankyou
Komentar
Posting Komentar