Langsung ke konten utama

Pandemi Tak Berkesudahan; Memanfaatkan Peluang Internet Sebagai Sumber Penghasilan




Sebagai pemuda dan masyarakat yang hidup di era serba modern, menghasilkan uang tidak hanya bisa kita dapatkan dengan kerja di sebuah perkantoran atau mengajar di sekolah. Dunia digital yang semakin berkembang membuat setiap potensi yang dimiliki oleh siapa saja menjadi berguna bagi mereka sebagai sumber penghasilan.

 

Tadi baru saja saya megikuti salah satu Webinar yang membahas tentang semangat kepemudaan. Banyak insight yang saya dapatkan setelah mengikuti satu jam Webinar tersebut. Dua pemuda sukses dalam bidang yang berbeda membuka pandangan setiap peserta. Meskipun Covid- 19 masih berkeliaran,  seorang wanita pengusaha yang berhasil menjual produk makanan kemasan dengan tujuan membantu masyarakat dan pemuda berprestasi yang berkuliah di Jepang berhasil memperkenalkan Indonesia serta mengajarkan berbagai hal lewat platform Youtube.

 

Saya bisa simpulkan bahwa pandemi bukan penghalang seseorang untuk bekerja dan menghidupi keluarganya. Terhalang oleh beberapa ternyata membuka sebuah kesuksesan dibidang lainnya salah satunya penggunaan internet. Indonesia menjadi salah satu negara dengan konsumsi internet terbesar maka menghasilkan uang dari internet bukanlah hal mustahil. Pada awalnya, teknologi berjalan beriringan dengan pekerjaan manusia. Namun, dikarenakan pandemi yang tak berkesudahan membuat semua aktivitas harus dikerjakan dirumah. Peran digital sangatlah penting dalam menjalankan sebuah pekerjaan jarak jauh.

 

Menghasilkan uang dengan internet dimasa pandemi COVID – 19 ini tidaklah sulit. Tanpa perlu keluar rumah, bermodalkan perangkat elektronik dan kualitas internet yang memadai sudah mampu menghasilkan karya yang ber-uang.

 

Sebagai seorang pemula yang mencoba peruntungan di dunia digital, saya tidak hanya ingin menghabiskan waktu berjam – jam hanya untuk memandangi orang lain berhasil dengan usahanya. Padahal kita semua sama, yang membedakan hanya siapa yang berani memulai. Untuk itu, aktivitas dibawah ini bisa menjadi pilihan teman – teman bisa mendapatkan penghasilan dengan internet dimasa pandemi COVID – 19 :

 

 

1. Online Shop





Online Shop / Bisnis online adalah pekerjaan yang paling banyak diminati oleh kaum millenial saat ini. Usaha ini bisa dilakukan dengan berbagai platform digital seperti instagram, facebook, aplikasi dagang dan website. Benefitnya tidak hanya tercurahkan kepada pemilik bisnis tetapi juga orang – orang yang terlibat didalamnya baik sebagai yang memproduksi, menjual dan mengkonsumsinya. Misalkan saja seseorang membuat online shop yang menjual baju, makanan, sepatu, skin care dan sebagainya. Tentu saja orang yang memproduksi barang tersebut akan memproduksi barangnya dengan baik dan berkulitas. Kemudian, orang yang bertanggung jawab terhadap penjualan akan mempromosikan barang yang diproduksi lewat platform digital yang digunakan. Ketika banyak masyarakat membeli barang tersebut, bararti kualitas dan pelayanannya sangat cocok dengan mereka.

 

Adanya bisnis online ini tentu mengacu pada kebutuhan dari masyarakat itu sendiri. Oleh karenanya, membuka sebuah bisnis perlu adanya pengetahuan yang luas serta persiapan yang matang agar bisnis bisa berjalan sebagaimana mestinya. Karena namanya bisnis akan mengenal istilah untung rugi, si pemilik bisnis sudah siap menerima resiko dan memikirkan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.

 

 

2. Menulis





Buat siapapun yang senang membaca dan mengabadikan setiap pemikirannya kedalam catatan maka menulis bisa menjadi alternatif pekerjaan utama/sampingan kalian. Yang kalian butuhkan hanyalah sebuah ide dan mengembangkannya di platform media yang teman – teman suka seperti website atau media sosial. Jika teman – teman ingin berkecimpung di dunia kepenulisan namun masih sangat pemula seperti saya, telah banyak kelas – kelas menulis yang bisa kalian ikuti untuk memperdalam ilmu dan bertemu teman baru.

 

Dalam dunia kepenulisan, dengan tetap memenuhi kaidah menulis yang baik, tidak ada tulisan yang salah maupun benar sebab semua bergantung pada perspektif penulisnya masing – masing. Teman – teman bisa memanfaatkan peluang menulis dimasa pandemi ini dengan menjual jasa atau mengikuti lomba. Jika seseorang mahir membuat artikel tentang pendidikan, ekonomi atau politik kemudian bisa memaksimalkan penggunaan SEO atau istilah kepenulisan blog lainnya maka dia bisa mempromosikan dirinya kepada siapa saja yang ingin dibantu menulis sebuah artikel terkait. Begitupula dengan mengikuti lomba menulis. Jika teman – teman mahir menulis cerpen, puisi, artikel dll. Maka peluang ini bisa kalian manfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan.

 

Enaknya menjadi penulis, kita rajin mengikuti informasi terkini yang terjadi di masa sekarang. Kita juga banyak mengetahui kosa kata baru serta cara menyampaikan pesan dalam tulisan dengan baik. Intinya, tulisan yang baik adalah tulisan yang memberikan manfaat bagi pembacanya.   

 

 

3. Content Creator





Sebenarnya menulis masuk dalam kategori content creator. Namun, disini saya lebih menekankan content creator sebagai orang yang memproduksi karya dalam bidang sinematografi seperti foto, video, film, infografis dan sebagainya. Yang kalian butuhkan untuk bisa menjadi seorang content creator adalah minat yang kuat dibarengi dengan kamera, laptop/pc, hp dan perangkat teknologi lainnya.

 

Bukan hal baru lagi bagi kita untuk mengenal bagaimana potensi menjadi content creator dapat menghasilkan sumber pendapatan yang menguntungkan. Facebook, Instagram, Twitter, Tik Tok dan Youtube bisa menjadi pilihan tepat bagi kalian mengekspresikan diri untuk mempromosikan karya yang teman - teman miliki. Siapa yang tak kenal Atta Halilintar atau Ria Ricis? Mereka berdua merupakan content creator/youtuber yang mendapatkan penghasilan dengan membuat video dan menguploadnya ke youtube. Ketika cukup menggait masyarakat, kalian teman – teman juga akan dipercaya untuk mempromosikan barang dengan bayaran yang fantastis. Yang harus dilakukan ketika ingin menjadi seorang content creator adalah ide serta eksekusi yang menarik sehingga penonton puas dengan hasil karya yang teman – teman buat. Meski tidak sesulit yang diperkirakan, menjadi content creator juga memiliki pahit dan manisnya tersendiri. Sekali lagi, ilmu yang luas, keterampilan yang mumpuni serta jaringan pertemanan yang luas akan membantu teman – teman menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi saat berkecimpung sebagai content creator.

 

Ketiga aktivitas diatas akan membantu teman – teman yang sulit melakukan aktivitas diluar rumah namun butuh pemasukan dimasa pandemi COVID-19. Ketiga aktivitas tersebut tentu membutuhkan aplikasi, website dan email bisnis sebagai wadah utama dalam menampung pekerjaan mereka. Website dan aplikasi dibutuhkan sebagai tempat menyimpan dan membagikan tulisan atau produk yang kalian jual untuk memudahkan orang – orang melihatnya. Email bisnis juga berguna untuk menampung job yang akan diterima oleh penulis, pebisnis dan content creator agar dapat terorganisir dengan baik. Untuk layanan penghasil hosting terbaik, teman – teman bisa mempercayakannya pada Exabytes Indonesia.

 



Exabytes Indonesia menghadirkan banyak pilihan untuk memulai karir online teman – teman dengan mudah. Exabytes Indonesia merupakan penyedia layanan web hosting Indonesia. Exabytes membantu teman - teman, para pelaku usaha (UMKM/UKM), menjaga semua website 24 jam tanpa henti sehingga teman - teman bisa fokus pada pengembangan bisnis di area yang lain. Dengan pengalaman 15 tahun melayani pelanggan di seluruh dunia, mereka mengerti kebutuhan teman - teman.

 

a. Toko Online

Untuk menjawab keresahan teman- teman yang membutuhkan toko online untuk berjualan  bisa coba akses layanannya di exabytes. Mereka menyediakan performa terbaik dengan waktu dan harga yang terjangkau. Jadi kalian yang sudah memiliki bisnis tetapi belum memiliki toko online untuk berjualan bisa mencobanya.

 

b. Membuat Website

Disini, kalian tidak perlu bingung untuk membuat website pribadi. Tinggal percayakan pada Exabytes, dengan waktu yang cepat dan harga yang terjangka, teman – teman sudah bisa memiliki website yang cocok untuk menuangkan tulisan kalian. Semuanya tersedia, Hosting dan domain murah yang mereka berikan tidak akan membuat siapapun kecewa.

 

c. Hosting

Karena Exabytes merupakan layanan hosting terbaik diIndonesia, sudah tidak usah diragukan lagi kualitas hosting yang dimiliki. Dengan harga yang sesuai, teman – teman sudah bisa memiliki hosting yang cepat dengan kapasitas penyimpanan besar yang mampu menyempurnakan performa website atau aplikasi toko online teman – teman.

 

d. Email Bisnis

Terkadang kita hanya memfokuskan diri pada performa website atau toko online saja. Ternyata, penting juga untuk memiliki emailbisnis berkapasitas besar sebagai alat kolaborasi bisnis yang memudahkan kita mengorganisir pesan yang masuk serta melakukan interaksi dengan pelaku bisnis teman – teman. Semuanya dijamin aman, nyaman dan terjangkau.

 

Keempat fasilitas yang disediakan oleh Exabytes ini tidak lepas dari kepercayaan masyarakat yang menggunakannya. Exabytes hadir sebagai solusi bagi mereka yang kesusahan menjalankan sebuah bisnis atau pekerjaan yang berhubungan dengan internet. Feedback inilah yang terus menjaga performa layanan Exabytes menjadi lebih baik dan baik lagi.

 



 

Teknologi canggih mampu merubah pola pikir dan tingkah laku manusia dalam sekejap mata. Hadirnya peran digital tidak lagi dipandang sebagai alat bantu melainkan alat utama yang dibutuhkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaannya. Dengan kemudahan ini, masyarakat memiliki platform yang bisa memberikan kehidupan yang layak, mewadahi hasil karya terbaiknya dan memberikan banyak manfaat kepada orang banyak. Sekiranya dimasa pandemi COVID – 19 ini kita tidak serta merta pasrah dengan keadaan. Pikiran kita akan terbuka dan mampu memanfaatkan internet untuk menghasilkan pendapatan yang cukup. Semua itu tak luput dari kemauan dan usaha untuk menjadi sosok yang lebih berkembang dari sebelumnya. Tak ada yang salah, pemilik online shop, penulis dan content creator semua bebas mengekspresikan dirinya tanpa menyalahi aturan. Memanfaatkan internetnya dengan baik dan semaksimal mungkin agar dapat bertahan disetiap situasi yang tak diinginkan.

 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman – teman dan jangan berhenti melakukan hal – hal bermanfaat bagi orang banyak meski pandemi masih betah berkelana.     

Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*co
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Angkutan Umum Palu - Bencana Menenggelamkanku

Kota palu, tempat perantuan yang telah kujelajahi kurang lebih 2 tahun lamanya. Kota ini sangatlah unik, bukan hanya bagiku namun bagi orang - orang yang telah dan baru menginjakkan kakinya disini. kota ini menduduki peringkat pertama sebagai kota terpanas di indonesia. Ibukota provinsi Sulawesi Tengah yang juga dijuluki sebagai kota 5 dimensi dimana lautan, pegunungan, sungai, lembah dan teluk berada dalam satu kawasan. Namun, ada yang tak biasa yang aku lihat sepanjang menyusuri jalan. Biasanya pada pagi dan sore hari, jalan akan dipenuhi oleh orang - orang yang tengah menunggu didepan halte. Mereka menunggu angkutan umum, naik dan turun silih berganti untuk menuju ke tempat tujuan. Tapi pemandangan tersebut sangat minim disini.  Transportasi umum dikota ini seakan hilang ditelan bumi. Yang terlihat hanyalah mobil dan motor berlalu lalang setiap harinya. Kemana perginya mereka? Apa yang sebenarnya terjadi? Sejak terjadinya bencana gempa, tsunami dan likuifaksi pada tahun 2018 silam,

Mau Jadi Pribadi Hebat? Inilah Tips Meniti Karir Yang Sukses Di Masa Depan

sumber gambar (loker.id) Setiap Manusia yang dilahirkan ke bumi ini pasti memiliki keinginan untuk sukses. Kesuksesan yang tidak hanya berupa materi saja namun juga dapat berupa non materi. Adapun untuk menjadi pribadi yang berhasil tidaklah segampang mengucapkannya. seperti kata pepatah bahwa sukses itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Maksud dari pepatah tersebut ialah bahwa untuk menjadi orang yang hebat dan berhasil perlu adanya usaha yang keras untuk bisa mewujudkannya.    Thomas Alfa edison harus mengulang percobaannya hingga 9.998 kali sampai akhirnya sukses menciptakan lampu pijar yang menyala dengan sangat terang di percobaan ke-9.999. Bayangkan saja berapa lama waktu yang ia habiskan untuk melakukan penelitian tersebut namun Edison tidak pernah menyerah dan terus berusaha dan yakin bahwa ia akan berhasil melakukan percobaannya dan berhasil. Beda halnya dengan zaman seperti sekarang dimana bisa kita lihat bagaimana semua orang ingin menjadi sukses dengan

Memperoleh Kebaikan Tak Terhingga Dengan Berbagi

  Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara mendulang pahala dari Sang Pencipta. Berbagi adalah ketika kita mampu menebar kebaikan dan manfaat kepada siapa saja yang membutuhkannya. Tidak peduli apakah kita tinggal di rumah mewah dengan deretan kendaraan mahal atau hanya sekedar meneduh di rumah sederhana yang saling berhimpitan satu dengan lainnya. Yang terpenting, seberapa ikhlas kita dalam menyisihkan waktu, tenaga dan rezeki yang ada untuk mereka. Ini kisahku, seorang gadis biasa yang telah berhasil menyelesaikan studi di kota dan kembali ke kampung halaman. Niat awal ingin mencari pekerjaan tetap di kota namun karena pandemi covid-19 mengharuskanku menepi sejenak karena lapangan pekerjaan yang semakin minim akibat banyaknya perusahaan atau usaha yang bangkrut. Alhasil, berbekal ilmu yang tidak seberapa ini, aku memutuskan untuk membuka les privat ke beberapa rumah yang ada di sekitar tempat tinggalku. Penghasilannya tak seberapa bahkan bisa dibilang kurang. Namun aku s