Langsung ke konten utama

Pemanfaatan Teknologi Website sebagai Media Promosi Produk lokal Secara Online


Teknologi merupakan sarana yang sudah tak bisa dilepaskan dari keseharian masyarakat salah satunya di Indonesia. Tentu saja tak hanya masyarakat perkotaan yang bisa menikmati teknologi canggih yang ada tetapi juga memberikan kesempatan secara signifikan bagi masyarakat di pedesaan untuk bisa menggunakan teknologi yang sama.

Di era modernisasi, Masyarakat berbondong – bondong mengupayakan setiap penjualannya berbasis digital. Salah satunya dengan membentuk website ataupun aplikasi. Peran website maupun aplikasi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sangat menjanjikan sebab kita tidak hanya merujuk pada pasar – pasar tradisional yang ada disekitar kita tetapi mampu menjangkau hingga pasar – pasar modern dan juga internasional.

Indonesia memiliki banyak desa yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan nelayan. Hal ini membuat hampir seluruh pedesaan memiliki hasil alam ciri khas mereka masing - masing. Namun karena kurangnya inovasi baru serta metode pemasaran yang baik membuat hasil alam ditempat ini hanya dibiarkan saja atau dijual sebagian ke pasar – pasar terdekat. Hal ini membuat perekonomian masyarakat di desa tidak mengalami peningkatan secara krusial. Oleh karena itu, diperlukan penguatan pemasaran guna meningkatkan perekonomian masyarakat di setiap desa.
Ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan hasil alam maupun produk hasil yang sangat membantu di era digital ini, yaitu :

1. Brand Management
Brand Management sangatlah penting guna menjual suatu barang atau produk. Nama brand ini tidak hanya mengacu pada nama kemasan tetapi bisa juga berupa nama tempat ataupun nama seseorang dengan tetap mengutamakan keunikan serta ketertarikan seseorang ketika melihat atau mendengar nama tersebut.
Saya pernah mengikuti salah satu workshop yang membahas tentang brand management dalam suatu produk. Disana, kami diperlihatkan bahwa membuat suatu usaha itu cukup sulit tetapi jika memiliki niat pasti akan terlaksana dengan mudah. Ada beberapa pengusaha yang harus mengalami kebangkrutan selama menjalankan bisnis sebab ketidakpopuleran produk yang dijual serta pasar yang dijangkau seperti apa. Itulah sebabnya nama menjadi salah satu komponen penting dalam menjual suatu produk agar bisa menarik minat pembeli di pasar – pasar lokal maupun modern.

2. Memanfaatkan situs Website atau aplikasi
Era digitalisasi sangat erat kaitannya dengan perkembangan teknologi. Hampir setiap masyarakat telah menggunakan perangkat teknologi untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Media Website dan aplikasi bisa menjadi pilihan tepat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Mengapa kedua media ini sangat berperan penting? Sebab jangkauan pemilik produk hanya sampai pada pasar – pasar terdekat.
Banyak masyarakat yang malas untuk menjual dalam jangkauan yang lebih jauh karena biaya dan juga akses transportasinya. Dengan website atau aplikasi, pemilik produk bisa bekerja sama dengan agen untuk membuatkan website yang akan dibuat se menarik mungkin agar bisa menyebarluaskannya dengan baik.

Ada hal penting yang perlu diketahui jika kita ingin atau telah memiliki website yaitu web hosting. Mungkin bagi yang belum paham akan cara kerja website akan bingung mendengar kata tersebut. Namun, ini sangat berguna untuk menyimpan pula data – data yang kita miliki tanpa harus membawa perangkat keras (Handphone, Flashdisk dll).

 
 
Sebenarnya Apa sih yang dimaksud dengan web hosting?
 
Web Hosting adalah layanan penyimpanan data digital berupa teks, gambar atau video suatu website. Data website tersebut disimpan di server Hosting yang selalu aktif 24 jam dan terhubung oleh internet sehingga website dapat diakses secara online.

Dalam hal ini, segala bentuk digital seperti video dan gambar yang ingin kita publikasikan lewat website tanpa khawatir hilang, web hosting menjadi salah satu solusinya. Hingga saat ini, ada banyak layanan yang bisa digunakan untuk mendaftar web hosting dengan harga terjangkau yaitu Qwords.

Qwords sendiri menawarkan berbagai macam paket Hosting yang sudah disesuaikan resource nya dengan keperluan Anda. Jika Anda menggunakan website untuk blog pribadi, website sederhana untuk promosi produk dan email untuk penggunaan personal, kita dapat menggunakan paket Value Performance. Namun jika kita menggunakan website untuk perusahaan, pemerintahan, bisnis online hingga e-commerce (toko online), paket Hosting Medium Performance dan High Performance dapat dijadikan pilihan. Mudah bukan?

Keuntungan lainnya yang akan kalian dapatkan ketika menggunaka layanan dari Qwords ini ada banyak seperti :

Keuntungan menggunakan layanan Qwords (qwords.com)
Keuntungan menggunakan layanan Qwords (qwords.com)

Qwords ini bisa dikatakan sebagai salah satu layanan hosting terbaik di Indonesia. Jelas bahwa Qwords sangat memanjakan pelangganya dan tidak abal – abal dalam memberikan pelayanannya sehingga banyak sekali masyarakat yang beralih ke Qwords ini terutama bagi mereka yang ingin mempromosikan hasil produk mereka kepada seluruh penjuru Indonesia tentunya.


Dengan adanya kemudahan memperjualbelikan produk ini, website diharapkan mampu menjadi media promosi menguntungkan untuk memajukan ekonomi serta pemanfaatan teknologi yang terus berkembang tidak hanya bagi pengguna di perkotaan namun juga di pedesaan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Angkutan Umum Palu - Bencana Menenggelamkanku

Kota palu, tempat perantuan yang telah kujelajahi kurang lebih 2 tahun lamanya. Kota ini sangatlah unik, bukan hanya bagiku namun bagi orang - orang yang telah dan baru menginjakkan kakinya disini. kota ini menduduki peringkat pertama sebagai kota terpanas di indonesia. Ibukota provinsi Sulawesi Tengah yang juga dijuluki sebagai kota 5 dimensi dimana lautan, pegunungan, sungai, lembah dan teluk berada dalam satu kawasan. Namun, ada yang tak biasa yang aku lihat sepanjang menyusuri jalan. Biasanya pada pagi dan sore hari, jalan akan dipenuhi oleh orang - orang yang tengah menunggu didepan halte. Mereka menunggu angkutan umum, naik dan turun silih berganti untuk menuju ke tempat tujuan. Tapi pemandangan tersebut sangat minim disini.  Transportasi umum dikota ini seakan hilang ditelan bumi. Yang terlihat hanyalah mobil dan motor berlalu lalang setiap harinya. Kemana perginya mereka? Apa yang sebenarnya terjadi? Sejak terjadinya bencana gempa, tsunami dan likuifaksi pada tahun 2018 silam,

Mau Jadi Pribadi Hebat? Inilah Tips Meniti Karir Yang Sukses Di Masa Depan

sumber gambar (loker.id) Setiap Manusia yang dilahirkan ke bumi ini pasti memiliki keinginan untuk sukses. Kesuksesan yang tidak hanya berupa materi saja namun juga dapat berupa non materi. Adapun untuk menjadi pribadi yang berhasil tidaklah segampang mengucapkannya. seperti kata pepatah bahwa sukses itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Maksud dari pepatah tersebut ialah bahwa untuk menjadi orang yang hebat dan berhasil perlu adanya usaha yang keras untuk bisa mewujudkannya.    Thomas Alfa edison harus mengulang percobaannya hingga 9.998 kali sampai akhirnya sukses menciptakan lampu pijar yang menyala dengan sangat terang di percobaan ke-9.999. Bayangkan saja berapa lama waktu yang ia habiskan untuk melakukan penelitian tersebut namun Edison tidak pernah menyerah dan terus berusaha dan yakin bahwa ia akan berhasil melakukan percobaannya dan berhasil. Beda halnya dengan zaman seperti sekarang dimana bisa kita lihat bagaimana semua orang ingin menjadi sukses dengan

Memperoleh Kebaikan Tak Terhingga Dengan Berbagi

  Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara mendulang pahala dari Sang Pencipta. Berbagi adalah ketika kita mampu menebar kebaikan dan manfaat kepada siapa saja yang membutuhkannya. Tidak peduli apakah kita tinggal di rumah mewah dengan deretan kendaraan mahal atau hanya sekedar meneduh di rumah sederhana yang saling berhimpitan satu dengan lainnya. Yang terpenting, seberapa ikhlas kita dalam menyisihkan waktu, tenaga dan rezeki yang ada untuk mereka. Ini kisahku, seorang gadis biasa yang telah berhasil menyelesaikan studi di kota dan kembali ke kampung halaman. Niat awal ingin mencari pekerjaan tetap di kota namun karena pandemi covid-19 mengharuskanku menepi sejenak karena lapangan pekerjaan yang semakin minim akibat banyaknya perusahaan atau usaha yang bangkrut. Alhasil, berbekal ilmu yang tidak seberapa ini, aku memutuskan untuk membuka les privat ke beberapa rumah yang ada di sekitar tempat tinggalku. Penghasilannya tak seberapa bahkan bisa dibilang kurang. Namun aku s