Langsung ke konten utama

Mahasiswa Produktif, Jadikan Waktu Luang Bermanfaat Untuk Meniti Karir Di Masa Depan

Hasil gambar untuk media sosial
Sumber gambar (Maxmanroe.com)

 
Apa benar menjadi mahasiswa itu kerjaannya hanya belajar dikampus saja? Di era digital seperti saat ini, statement tersebut bisa saja dibantahkan sebab ada banyak hal yang bisa dilakukan mahasiswa untuk mengisi waktu luang jika tidak sedang berkuliah atau mengisi waktu liburannya. Salah satu contohnya adalah menjadi seorang Freelancer. Mungkin mendengarnya saja sudah membuat beberapa orang berfikir “Sulit pasti menjadi Freelancer” atau “Pasti butuh modal yang banyak” padahal jika kalian menjadi mahasiswa yang cerdas maka bukan uang kalian yang akan terkuras namun kalian akan dibanjiri uang dari berbagai pihak dan itu semua tergantung dari usaha kalian tentunya.

Belakangan ini, kerja freelance banyak diincar orang, terutama anak muda. Sekilas, model pekerjaan ini tampak enak, jam kerja fleksibel, gak perlu ngantor, bisa liburan kapan aja. Saking fleksibelnya, para pekerja lepas  bisa bekerja dini hari, tengah malam, atau bahkan seharian penuh. Bagi kalian yang ingin mencoba menjadi  freelancer di luar sana, tenanglah. Meski susah-susah gampang, kalian juga bisa kok sukses berkarier dan punya penghasilan memuaskan dari kerja freelance.  Kesuksesanmu bahkan bisa melebihi mereka yang kerja kantoran dengan posisi yang sama.

 
Ada dua pekerjaan sampingan yang bisa kalian coba tanpa perlu khawatir mengganggu perkuliahan yaitu

 
1. Blogger


Hasil gambar untuk blogger
sumber gambar (blogger.com)

 
Kalau kamu memiliki blog, atau website pribadi, gak ada salahnya untuk mencoba peruntungan menjadi seorang Blogger. Bukan hal yang sulit untuk dikerjakan sebab kalian hanya bermodalkan isi kepala, laptop dan juga media fotografi (untuk konten yang mengarah ke deskripsi gambar) dan kalian sudah bisa menjadi seorang Blogger. Tak hanya itu saja, kelebihan memiliki blog juga dapat mempromosikan banyak hal yang bernilai positif serta dapat mendeskripsikan diri sendiri disana. Tulis hal baik dan negatif tentang dirimu, tetapi jangan terlalu buruk juga ya. Bisa-bisa perusahaan tempatmu melamar gak jadi merekrutmu sebagai pegawainya. Tulis hal-hal baik, posting juga yang positif, jangan membuat tulisan provokatif atau berlebihan. Jika kamu membuat blog untuk memajang karya berupa tulisan atau foto, usahakan dalam bentuk netral.

 
Di era digitalisasi seperti sekarang ini, memiliki blog pribadi dengan ulasan positif menjadi kelebihan tersendiri. kalian bisa mengulas suatu produk atau jasa atau mengikuti suatu kompetisi maka kalian sudah memanfaatkan Blog dengan baik dan sempurna dan pundi - pundi uang akan mengalir ke kantong kalian. Tentu hal itu membuat seseorang lebih mengetahui potensi lain yang kamu miliki apalagi yang masih berstatus mahasiswa yang bakal mudah dilirik dengan memperlihatkan kemampuan atau skill yang dimiliki.

 
2. Vlogger


Hasil gambar untuk vlogger
Sumber gambar (Nextren.com)


Bagi kalian yang suka berbagi informasi mengenai tips dan trik serta yang berhubungan dengan kehidupan manusia ataupun suka travelling ke berbagai tempat – tempat wisata dan mengabadikannya lewat kamera, menjadi Vlogger adalah alternatif pekerjaan apalagi disela – sela liburan. Dengan bermodalkan isi kepala dan kamera digital yang dapat digunakan untuk mengambil gambar dan video kalian sudah bisa melakukan pekerjaan ini. Tapi jangan sampai lupa untuk menyampaikan informasi yang berguna dan positif sebagai ajakan  bagi siapa saja yang ingin berkunjung ke tempat yang sama sebab di era digital ini, masyarakat cenderung mencari tahu spesifikasi suatu tempat lewat media online. Hal ini tentu membuat jalan – jalan kalian menjadi lebih bernilai positif. Untuk masalah penghasilanpun kalian tidak perlu risau. Bisa dilihat berbagai Vlogger terkenal yang ada di Indonesia sebut saja Atta Halilintar, Edho Zell, Ria Ricis, Nadia Arsinta dan masih banyak lagi. Mereka hanya bermodalkan skill tertentu dan mulai memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan Youtube sehingga dapat menjadi seperti sekarang ini. jangan tanyakan penghasilannya sebab tak ada yang meragukan para Vlogger dari segi keuangannya.

Kalian juga tidak terpatok dengan waktu sehingga kapanpun dan dimanapun kalian, menjadi Vlogger bisa kalian lakukan terutama kalangan mahasiswa yang hanya sibuk mengotak – atik media sosial dan malah melakukan hal – hal negatif.


 
Keuntungan menjadi Freelancer

Nah kedua pekerjaan sampingan diatas bisa menjadi alternatif kalian apalagi jika kalian ingin memperluas koneksi sejauh mungkin. apalagi jika kalian memang menyukai hal - hal berbau tulisan dan hiburan. Menjadi Blogger dan Vlogger bisa diliat oleh siapa saja sehingga mampu memperkenalkan diri kalian terutama kepada dunia sehingga jika skill kalian terlihat bisa saja ada perusahaan yang melirik kan. Tak perlu takut akan terganggunya pekerjaan utama sebab kerja sebagai Freelancer itu fleksibel jadi kalian akan semakin produktif. penghasilan yang kalian dapatkan juga dapat termanage dengan baik sebab kalian memiliki penghasilan tambahan.

Era teknologi saat ini semakin banyak informasi bermunculan. Baik itu benar atau tidak benar (hoax). Nah, gunakanlah media sosial dengan bijak terutama untuk mencari informasi terkait konten yang akan kalian kerjakan di Blog dan Vlog kalian. Jangan sampai skill yang sudah kamu bangun dari nol, hancur begitu saja hanya dengan postingan gak benar.

Informasi diatas bisa menjadi referensi kalian dalam menentukan karir atau pekerjaan sampingan yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu luang apalagi mahasiswa yang kerjanya hanya kuliah terus pulang. Membangun jaringan luas dan membangun soft skill kan lebih bermanfaat untuk masa depan kalian benar kan?.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Angkutan Umum Palu - Bencana Menenggelamkanku

Kota palu, tempat perantuan yang telah kujelajahi kurang lebih 2 tahun lamanya. Kota ini sangatlah unik, bukan hanya bagiku namun bagi orang - orang yang telah dan baru menginjakkan kakinya disini. kota ini menduduki peringkat pertama sebagai kota terpanas di indonesia. Ibukota provinsi Sulawesi Tengah yang juga dijuluki sebagai kota 5 dimensi dimana lautan, pegunungan, sungai, lembah dan teluk berada dalam satu kawasan. Namun, ada yang tak biasa yang aku lihat sepanjang menyusuri jalan. Biasanya pada pagi dan sore hari, jalan akan dipenuhi oleh orang - orang yang tengah menunggu didepan halte. Mereka menunggu angkutan umum, naik dan turun silih berganti untuk menuju ke tempat tujuan. Tapi pemandangan tersebut sangat minim disini.  Transportasi umum dikota ini seakan hilang ditelan bumi. Yang terlihat hanyalah mobil dan motor berlalu lalang setiap harinya. Kemana perginya mereka? Apa yang sebenarnya terjadi? Sejak terjadinya bencana gempa, tsunami dan likuifaksi pada tahun 2018 silam,

Mau Jadi Pribadi Hebat? Inilah Tips Meniti Karir Yang Sukses Di Masa Depan

sumber gambar (loker.id) Setiap Manusia yang dilahirkan ke bumi ini pasti memiliki keinginan untuk sukses. Kesuksesan yang tidak hanya berupa materi saja namun juga dapat berupa non materi. Adapun untuk menjadi pribadi yang berhasil tidaklah segampang mengucapkannya. seperti kata pepatah bahwa sukses itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Maksud dari pepatah tersebut ialah bahwa untuk menjadi orang yang hebat dan berhasil perlu adanya usaha yang keras untuk bisa mewujudkannya.    Thomas Alfa edison harus mengulang percobaannya hingga 9.998 kali sampai akhirnya sukses menciptakan lampu pijar yang menyala dengan sangat terang di percobaan ke-9.999. Bayangkan saja berapa lama waktu yang ia habiskan untuk melakukan penelitian tersebut namun Edison tidak pernah menyerah dan terus berusaha dan yakin bahwa ia akan berhasil melakukan percobaannya dan berhasil. Beda halnya dengan zaman seperti sekarang dimana bisa kita lihat bagaimana semua orang ingin menjadi sukses dengan

Memperoleh Kebaikan Tak Terhingga Dengan Berbagi

  Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara mendulang pahala dari Sang Pencipta. Berbagi adalah ketika kita mampu menebar kebaikan dan manfaat kepada siapa saja yang membutuhkannya. Tidak peduli apakah kita tinggal di rumah mewah dengan deretan kendaraan mahal atau hanya sekedar meneduh di rumah sederhana yang saling berhimpitan satu dengan lainnya. Yang terpenting, seberapa ikhlas kita dalam menyisihkan waktu, tenaga dan rezeki yang ada untuk mereka. Ini kisahku, seorang gadis biasa yang telah berhasil menyelesaikan studi di kota dan kembali ke kampung halaman. Niat awal ingin mencari pekerjaan tetap di kota namun karena pandemi covid-19 mengharuskanku menepi sejenak karena lapangan pekerjaan yang semakin minim akibat banyaknya perusahaan atau usaha yang bangkrut. Alhasil, berbekal ilmu yang tidak seberapa ini, aku memutuskan untuk membuka les privat ke beberapa rumah yang ada di sekitar tempat tinggalku. Penghasilannya tak seberapa bahkan bisa dibilang kurang. Namun aku s