Langsung ke konten utama

Daerahku Siap Sambut Asian Games 2018





Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri menjadi salah satu masyarakat Indonesia. Ketika lahir dan besar di tanah air tercinta ini memberikan banyak keindahan sumber daya alam dan manusianya. Di tahun 2018 ini, Indonesia diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah dalam ajang olahraga bergengsi asia yaitu asian games 2018 bertempat di Palembang dan Ibu kota DKI Jakarta. Tentu rasa terima kasih mewakili seluruh masyarakat dan akan menjadi sebuah tanggung jawab besar bagi kita semua dalam menjalankan amanah tersebut. oleh karena itu, tak hanya Palembang dan Jakarta saja yang menunjukkan eforianya dalam menyambut ajang olahraga terbesar di asia ini tetapi seluruh daerah – daerah terbentang dari Sabang dan Merauke bersama menunjukkan bentuk dukungannya dalam berbagai bentuk dan cara mereka masing - masing agar semakin menambah semarak Asian games 2018 ini. 
 
Ada berbagai cara yang mereka lakukan demi memeriahkan acara tersebut. diberbagai daerah ada yang menunjukkan dukungannya lewat painting wall yang akan menampung berbagai kreasi negara - negara serta pertandingan yang akan dilakukan lewat tembok. Ada juga yang melakukan ajang pertandingan olehraga kecil – kecilan sebagai bentuk kesenangannya karena indonesia telah dipercayakan menampung segala kontingen negara asia untuk bertanding di negara ini.  Writingthon ini juga menjadi salah satu wadah aspirasi yang diberikan kepada seluruh pelajar indonesia serta blogger – blogger muda dalam menuangkan segala pemikiran naratif lewat karya tulisan terbaik sebagai bentuk keikutsertaan serta penyampaian informasi yang bermanfaat demi memeriahkan Asian games ini. 
 
Pramoedya ananta Toer berkata “Menulislah, karena menulis bekerja untuk keabadian” oleh karena itu, lewat berbagai karya – karya anak bangsa dalam mengikuti ajang Writingthon ini, dharapkan dapat menjadi sebuah aset sejarah yang dapat diperlihatkan untuk anak cucu kita nantinya bahwa mereka patut bangga atas prestasi indonesia. Entah daerah besar maupun kecil, terdepan maupun tertinggal, selama itu Indonesia memiliki hak untuk mencurahkan dukungannya. Segala bentuk komersialisasi dan sosialisasi yang baik akan semakin menambah euforia dari Asian games ini. 
 
Oleh karena itu, salah satu bentuk dukungan untuk asian games terdapat di salah satu daerah propinsi Sulawesi barat yang tak begitu besar namun mulai dikenal masyarakat lewat berbagai prestasinya yaitu Polewali Mandar. Walaupun tak seterkenal daerah – daerah besar di Indonesia, tetapi Polewali Mandar sukses mengadakan PIFAF yang juga menjadi salah satu bentuk pengenalan budaya antar beberapa negara selama 2 tahun berturut – turut dengan negara yang berbeda – beda tiap tahunnya. Acara PIFAF akan diselenggarakan lagi pada awal agustus 2018 dan menjadi salah satu bentuk partisipasi daerah dalam mendukung dan menyukseskan acara Asian games. 
 
Dengan bertemakan pertukaran budaya, ada 5 negara terpilih yang akan datang memperlihatkan budaya mereka masing – masing sehingga menarik minat masyarakat lokal hingga masyarakat mancanegara untuk ikut menyaksikan pegelaran tersebut. kegiatan ini berlangsung kurang lebih seminggu lamanya. Para kontingen dari negara – negara yang datang akan diajak untuk mengeksplor berbagai sanggar seni budaya sehingga mereka bisa belajar berbagai kebudayaan khas daerah mandar seperti Tarian. Mereka akan membuka pegelaran PIFAF ini dengan memilih perwakilan negara untuk menarikan tarian khas polewali mandar serta 4 etnis lainnya. 
 
Euforia para warga masyarakat tentu akan menambah antusias kemeriahan acara tersebut. tak hanya itu saja, polewali mandar juga menyediakan lapak khusus untuk berbagai bidang aparatur daerah seperti perikanan, kebudayaan, perdagangan, kehutanan dan masih banyak lagi untuk mengenalkan potensi – potensi apa saja yang telah berkembang di polewali mandar serta lapak – lapak bagi pedagang – pedagang untuk menjajahkan hasil jualan mereka. Selain bisa memperkenalkan budaya, acara ini juga menjadi ladang penghasilan bagi para pedagang. 
 
Selain itu, Polewali mandar memberikan berbagai kemudahan dalam menyaksikan pegelaran Asian games yang dapat disaksikan oleh warga masyarakat Polewali mandar yang tak sempat mendatangi tempat pertandingan berlangsung. Asian games juga memberikan wadah yang cukup memumpuni bagi warga negara indonesia diseluruh Indonesia terutama para pemudanya untuk bisa ikut menyukseskan ajang olahraga bergengsi ini dengan menjadi volunteer atau sukarelawan. Mereka yang terpilih bersedia mendampingi berbagai kontingen Asia. 
 
Para volunteer akan memperlihatkan destinasi – destinasi apa saja yang ada di Palembang atau Jakarta serta mengawal mereka dan memberikan arahan menuju tempat bertanding di stadion yang telah disediakan agar tak terjadi kesalahan. Indonesia juga telah menyiapkan segala bentuk persiapan bagi negara – negara yang akan datang seperti tempat mereka menginap dan transportasi tentunya. Oleh karena itu, kalangan pemuda – pemudi atau mahasiswa Polewali Mandar mencoba ikut ambil alih dalam Asian games ini dengan mendaftar sebagai salah satu volunteernya demi membantu menyukseskan acara tersebut. tak hanya itu saja, Polewali Mandar akan semakin mengembangkan pariwisata alamnya untuk kebutuhan pengenalan budaya. 
 
Hasil gambar untuk Rawa bangun
Salah satu Objek wisata Rawa Bangun 

Hal ini dilakukan untuk semakin mengenalkan Polewali mandar di kancah internasional dengan berbagi potensi alam dan wisata yang memumpuni dan ajang Asian Games ini akan menjadi salah satu wadah yang baik. Maka dari itu, terima dan hargailah setiap kesempatan yang diberikan kepada kita entah untuk membangun diri maupun negara kita sendiri karena kita tak pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya. Dengan terlaksananya asian games 2018 di Indonesia diharapkan nantinya akan memberikan sebuah nilai positif dari berbagai negara didunia bahwa indonesia mampu dan bisa melaksanakan ajang bergengsei seperti ini. Anak – anak bangsa akan selalu berusaha mengembangkan segala hal yang ada di Indonesia dan mengenalkannya pada dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Angkutan Umum Palu - Bencana Menenggelamkanku

Kota palu, tempat perantuan yang telah kujelajahi kurang lebih 2 tahun lamanya. Kota ini sangatlah unik, bukan hanya bagiku namun bagi orang - orang yang telah dan baru menginjakkan kakinya disini. kota ini menduduki peringkat pertama sebagai kota terpanas di indonesia. Ibukota provinsi Sulawesi Tengah yang juga dijuluki sebagai kota 5 dimensi dimana lautan, pegunungan, sungai, lembah dan teluk berada dalam satu kawasan. Namun, ada yang tak biasa yang aku lihat sepanjang menyusuri jalan. Biasanya pada pagi dan sore hari, jalan akan dipenuhi oleh orang - orang yang tengah menunggu didepan halte. Mereka menunggu angkutan umum, naik dan turun silih berganti untuk menuju ke tempat tujuan. Tapi pemandangan tersebut sangat minim disini.  Transportasi umum dikota ini seakan hilang ditelan bumi. Yang terlihat hanyalah mobil dan motor berlalu lalang setiap harinya. Kemana perginya mereka? Apa yang sebenarnya terjadi? Sejak terjadinya bencana gempa, tsunami dan likuifaksi pada tahun 2018 silam,

Mau Jadi Pribadi Hebat? Inilah Tips Meniti Karir Yang Sukses Di Masa Depan

sumber gambar (loker.id) Setiap Manusia yang dilahirkan ke bumi ini pasti memiliki keinginan untuk sukses. Kesuksesan yang tidak hanya berupa materi saja namun juga dapat berupa non materi. Adapun untuk menjadi pribadi yang berhasil tidaklah segampang mengucapkannya. seperti kata pepatah bahwa sukses itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Maksud dari pepatah tersebut ialah bahwa untuk menjadi orang yang hebat dan berhasil perlu adanya usaha yang keras untuk bisa mewujudkannya.    Thomas Alfa edison harus mengulang percobaannya hingga 9.998 kali sampai akhirnya sukses menciptakan lampu pijar yang menyala dengan sangat terang di percobaan ke-9.999. Bayangkan saja berapa lama waktu yang ia habiskan untuk melakukan penelitian tersebut namun Edison tidak pernah menyerah dan terus berusaha dan yakin bahwa ia akan berhasil melakukan percobaannya dan berhasil. Beda halnya dengan zaman seperti sekarang dimana bisa kita lihat bagaimana semua orang ingin menjadi sukses dengan

Memperoleh Kebaikan Tak Terhingga Dengan Berbagi

  Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara mendulang pahala dari Sang Pencipta. Berbagi adalah ketika kita mampu menebar kebaikan dan manfaat kepada siapa saja yang membutuhkannya. Tidak peduli apakah kita tinggal di rumah mewah dengan deretan kendaraan mahal atau hanya sekedar meneduh di rumah sederhana yang saling berhimpitan satu dengan lainnya. Yang terpenting, seberapa ikhlas kita dalam menyisihkan waktu, tenaga dan rezeki yang ada untuk mereka. Ini kisahku, seorang gadis biasa yang telah berhasil menyelesaikan studi di kota dan kembali ke kampung halaman. Niat awal ingin mencari pekerjaan tetap di kota namun karena pandemi covid-19 mengharuskanku menepi sejenak karena lapangan pekerjaan yang semakin minim akibat banyaknya perusahaan atau usaha yang bangkrut. Alhasil, berbekal ilmu yang tidak seberapa ini, aku memutuskan untuk membuka les privat ke beberapa rumah yang ada di sekitar tempat tinggalku. Penghasilannya tak seberapa bahkan bisa dibilang kurang. Namun aku s