Langsung ke konten utama

Asus ExpertBook B9400 – Laptop Friendly Penunjang Produktivitas Dalam Bisnis Digital


asus.com


Udah Lulus ya Tri, udah dapat kerja belum? Lihat si Aulia sekarang kerja dibank. Ada juga tuh si Devina udah kerja di perusahaan. Jangan pilih – pilih makanya” Ujar tetangga saya

 

Begitulah nasib fresh graduate seperti saya yang lulus di masa pandemi. Bukannya pilih – pilih pekerjaan, memang sulit untuk bisa lolos dari ribuan pencari kerja lainnya. Apalagi kalau yang dibutuhkan cuma satu orang, saya hanya bisa mengelus dada. Tapi yang bikin perasaan nggak enak itu ketika tetangga sudah pada datang menggosip didepan rumah. Sampai sayapun jadi bahan gosipannya karena belum punya pekerjaan. Alhasil, dibandingkanlah saya dengan anak tetangga yang sudah kerja. Padahal mereka nggak tau aktivitas saya dirumah tidak hanya sekedar rebahan. Tapi nggak apa-apa, kan nggak semua orang perlu tau bagaimana perjuanganku untuk bisa mendapatkan penghasilan terutama di masa pandemi ini.

Latar belakang pendidikan saya adalah bahasa inggris. Sejak SMA, saya memang paling suka belajar bahasa inggris apalagi saat guru meminta saya untuk berbicara dikelas atau membuat essay. Dalam lubuk hati paling dalam, saya ingin sekali menjadi seorang pengajar bahasa tetapi semua butuh proses sehingga saya harus banyak berusaha dan berdoa agar keinginan tersebut bisa terwujud.

Namun, hal tak terduga terjadi ketika tahun ketiga perkuliahaan. Saya tiba – tiba memutuskan untuk memulai sebuah bisnis kecil – kecilan bersama teman saya. Lucunya, kami berdua tak ada yang memiliki pengalaman bisnis atau punya ketertarikan dengan bisnis. Istilahnya kami hanya coba- coba peruntungan. Bermodalkan niat, nekat, dan perangkat seadanya, kami akhirnya mulai menjalankan bisnis tersebut. Ternyata diluar dugaan, bisnis kami mengalami banyak peningkatan dan beroperasi hingga saat ini.


Awal Memulai Bisnis

Pada tahun 2019, pencetusan bisnis yang saya dan teman saya kerjakan saat ini adalah buah dari kekosongan kami saat itu. Berada dikamar kos berukuran 3 x 3 sembari memainkan ponsel masing – masing, kami hanya sekilas melihat media sosial yang dipenuhi orang – orang yang mempromosikan bisnisnya. Dengan santai kami hanya berkomentar tak jelas setiap melihat postingan – postingan yang muncul. Namun melihat keuntungan yang cukup menjanjikan, akhirnya kami terbesit untuk membuat sebuah bisnis.


Status kami kala itu juga masih mahasiswa dan kebutuhan hidup didunia rantau sangatlah besar sehingga kami butuh penghasilan tambahan guna memenuhi kebutuhan kami kedepannya. Kami mulai mencari tau bisnis - bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar dan dicari oleh banyak orang. Karena saya bisa membuat desain dan teman saya jago dalam merangkai kata, kami memutuskan untuk membuat bisnis kecil – kecilan yaitu menjual pembatas buku. Is it weird right?

Ya kamipun awalnya tertawa dengan bisnis yang tercetus ini. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Akhirnya kami namakan bisnis ini mso.gallery. Rasa pesimis selalu menghantui kami. Apakah bisnis ini akan sukses atau tidak? Namun, kami bertekat untuk tetap menjalakan bisnis ini. Perihal hasil semuanya kami serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Perangkat yang kami gunakan untuk membuat desain adalah laptop saya yang sudah berusia 7 tahun. Meskipun banyak aplikasi yang tidak didukung oleh laptop ini, kami tetap mencari aplikasi – aplikasi ringan yang bisa digunakan untuk membuat desain.

Target penjualan juga masih dalam jangkauan terbatas seperti teman dan dosen kami. Setelah jalan 3 bulan, kami hanya mendapatkan pesanan yang terhitung sedikit. Sempat terbesit untuk menyudahi bisnis ini karena kekurangan fasilitas yang mendukung pembuatan desain pembatas buku tersebut. Ternyata, seiring berjalannya waktu, pelanggan cukup puas dengan hasil buatan kami sehingga bisnis ini kami promosikan ke lingkup yang lebih luas. Alhasil, banyak pihak dari luar daerah yang ingin memesan jasa kami dalam jumlah besar dan hal itu semakin menyemangati kami berdua untuk menjalankan bisnis ini. Niat untuk berhentipun akhirnya sirna.

 

Hambatan Saya Selama Menjalankan Bisnis

Mostly, bisnis yang saya jalankan ini menggunakan laptop dan media sosial sebagai penunjangnya, maka saya mengkategorikannya sebagai bisnis digital. Sebagian orang berpendapat bahwa bisnis digital tidak membutuhkan banyak biaya dan resiko kegagalannya rendah. Well.... nggak semua hal berbau digital itu mudah terutama dalam hal bisnis. Justru tantangannya jauh lebih berat karena harus mampu berinovasi dan berkreasi seunik mungkin untuk terus menggaet pelanggan.

Tidak mungkin juga sebuah bisnis tidak mengalami fase naik turun baik dari segi penghasilan maupun kualitas produknya. Dikarenakan bisnis yang kami bangun ini berbasis digital, kami juga sering mengalami kendala utama yaitu perangkat kurang memadai.

Jujur, teman saya belum memiliki laptop saat itu sehingga saya harus menggunakan sendiri laptop yang saya punya. Laptop saya bermerek Asus dan  dibeli saat saya masih SMA. Selama 7 tahun lebih digunakan, laptop ini sudah mulai menunjukkan masalah yang tak terduga dan menganggu aktivitas. Seringkali baterainya tiba – tiba mati tanpa peringatan, koneksi lambat, penyimpanannya penuh, layarnya hitam putih dan masalah – masalah lainnya. Hal ini menurunkan produktivitas bisnis digital yang tengah kami geluti ini. Oleh karena itu, melihat zaman yang semakin canggih dengan perangkat teknologi yang terus melakukan terobosan baru, saya berharap bisa menemukan sebuah laptop berkualitas yang cocok untuk menunjang bisnis digital kami dengan biaya yang affordable.


ASUS ExpertBook B9400 – Perangkat Tepat Untuk Bisnis Digitalku

Sebelum – sebelumnya saya sudah beberapa kali review laptop Asus setiap launching produk. Setiap produk yang dikeluarkan oleh Asus tidak pernah mengecewakan. Tidak heran Asus masih menduduki peringkat pertama sebagai brand laptop terbaik di Indonesia.


Kali ini saya dibuat jatuh cinta kembali oleh Asus ExpertBook B9400 yang dirancang bagi para penggiat bisnis. Tampilan yang memukau, Performa luar biasa dan Keamanan yang dimiliki membuat bisnis yang membutuhkan aplikasi dengan kapasitas besar dapat berjalan dengan mulus. Buat yang penasaran sebagus apasih laptop Asus ExpertBook B9400 bagi kemajuan bisnis digital? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut :

 

Display Asus ExpertBook B9400 - Laptop ringkas dan ringan untuk bisnis


a. Desain Slim, Kuat Dan Mempesona


asus.com
 

Dalam dunia bisnis, memiliki laptop yang friendly untuk dibawa kemana – mana adalah impian. ExpertBook B9400 disusun oleh sasis magnesium-lithium alloy yang terbukti kuat dan tahan lama. Laptop ini memiliki bobot hanya 880g untuk 33Whrs atau 1005g untuk 66Whrs.2  Ketebalan laptop hanya 14,9 mm sehingga sangat ringan untuk dibawa perjalanan bisnis maupun nongkrong biasa. Dengan menggunakan layar NanoEdge yang membuat tampilannya memiliki bezel superslim, laptop ini memungkinkan dimensi layar 14 inci dengan panel anti-silau yang super bersih sehingga menampilkan visual yang jelas dan tidak mengakibatkan mata kelelahan. Perpaduan desain yang elegan dan warna star black yang terinspirasi dari alam semesta membuat siapapun akan terpukau dengan pesona laptop ini.

 

Performance Asus ExpertBook B9

a.  Processor Yang Dapat Diandalkan

 

Dalam memilih laptop, tentu saja performa adalah kualifikasi utama yang perlu kita perhatikan. Apalagi saat berurusan dengan bisnis, nggak ada tuh yang namanya laptop lemot saat bekerja. 

Laptop Asus ExpertBook B9400 ini Didukung oleh prosesor Intel Core™ i7 vPro® generasi ke-11 dengan grafis Iris Xe dan intel WiFi 6 super cepat, yang memberikan komputasi, jaringan, dan kinerja grafis yang cepat dan responsif. Laptop ini juga dilengkapi dua SSD untuk menyediakan kapasitas besar hingga ganda 2 TB sehingga memungkinkan perpindahan data menjadi lebih cepat. Cocok untuk kategori bisnis digital seperti saya yang perlu menyimpan banyak data.

Selain itu, laptop ini mendukung teknologi RAID untuk meningkatkan keandalan data atau pengoperasian yang lebih cepat. ExpertBook B9400 menggabungkan teknologi ASUS WiFi Master, sehingga Anda akan menikmati koneksi WiFi yang lebih cepat dan lebih andal pada jarak yang lebih jauh dari sebelumnya. Dikombinasikan dengan Bluetooth® 5.0 terbaru yang memungkinkan kita menghubungkan perangkat favorit dengan dampak yang lebih kecil pada masa pakai baterai. Laptop ini menawarkan yang terbaik dalam kinerja, efisiensi, dan konektivitas.


b. Baterai Tahan Lama

Kadang suka sedih kalau harus mengerjakan proyek diluar rumah tapi hanya sempat mengisi beberapa persen baterai laptop. Eh tiba – tiba laptopnya mati saat sedang fokus mengerjakan permintaan klien. Kasus terparahnya terjadi saat  berpergian terus susah dapat colokan charger, beh.. gimana mau produktif coba. Tapi kalau Asus ExpertBook B9400 dijamin tidak akan mengecewakan meski harus dibawa kerja setiap hari atau perjalanan bisnis yang jauh. Laptop ini memiliki daya baterai yang tahan sepanjang hari dengan hanya sekali pengisian, dibantu oleh teknologi Panel Self Refresh yang hemat energi. Selain itu, teknologi pengisian cepat memungkinkan kita mengisi ulang baterai hingga kapasitas 60% hanya dalam 39 menit, sehingga kita bisa menggunakannya bahkan saat terburu – buru sekalipun.

  

c. Konektivitas Lengkap

 


Untuk konektivitasnya sudah tidak diragukan lagi. Meskipun profilnya tipis, ExpertBook B9400 dimuat dengan port I/O. Termasuk Thunderbolt™ 4 yang mutakhir, generasi berikutnya dari solusi konektivitas kabel universal yang menawarkan dukungan untuk antarmuka USB 4 level berikutnya, kecepatan transfer data 40 Gbps, output layar 4K ganda, dan pengisian daya cepat. Laptop ini juga menawarkan USB Type-A dan output HDMI, ditambah konektivitas jaringan kabel dengan alamat MAC unik untuk manajemen perangkat yang mudah.

 

d. Audio Jernih Dan Berkualitas

 


Siapa nih yang bisnisnya banyak berinteraksi lewat videocall? Biasanya ini juga menjadi kendala dari laptop yang perlu kita pertimbangkan. Kadang kita harus melakukan pertemuan secara online tapi berjuang untuk bisa mendengarkan apa yang parnert kita katakan. Tapi tidak dengan adanya Asus ExpertBook B9400. Untuk meningkatkan konferensi profesional, ExpertBook B9400 memiliki teknologi peredam bising bertenaga AI yang menggunakan teknik pembelajaran mesin yang canggih. Teknologi tersebut mencakup fungsi hulu untuk menyaring kebisingan di sekitar speaker, dan fungsi hilir untuk menghilangkan kebisingan dari lawan bicara. Hal ini memastikan minimalnya gangguan untuk komunikasi berkualitas tinggi, jadi seperti berada di dalam ruangan dengan orang lain. Juga termasuk tombol pintas untuk mengaktifkan teknologi atau mematikan mikrofon dengan klik mudah.

Selain itu, ExpertBook B9400 menghadirkan audio terbaik, berkat empat mikrofon medan jauh omnidirectional, teknologi penguat pintar, dan speaker bersertifikat Harman/Kardon. Mikrofon terletak di bezel atas display untuk memastikan posisi optimal untuk menangkap suara kita. Jadinya nggak kesulitan lagi untuk mendengarkan musik atau suara teman kita saat melakukan pertemuan secara daring.

 

e. Keamanan Kelas Enterprise

Yang bikin aku semakin terpesona dengan laptop ini adalah keamanannya yang super terjamin. Kita tidak perlu cemas saat harus membawa laptop ini berpergian dengan fitur keamannya yang canggih. Dengan sensor jarak cerdasnya, laptop ini tidak akan membuat kita menunggu. Saat kita duduk, ASUS AdaptiveLock mendeteksi keberadaan kita dan menggunakan kamera infra merah terintegrasi untuk mengenali wajah dan memasukkan/memungkinkan kita untuk mulai bekerja tanpa mengangkat jari. Kemudian, saat menjauh, ExpertBook B9400 secara otomatis mengunci sendiri, melindungi laptop dan data didalamnya.

 

asus.com

Dalam berbisnis, data adalah sumber kehidupan yang harus dijaga. Itulah sebabnya ASUS ExpertBook B9400 menawarkan keamanan tingkat bisnis yang komprehensif dari perangkat keras dan firmware terintegrasi, hingga perlindungan perangkat lunak dan identitas. Dengan beberapa lapisan keamanan tanpa batas, ExpertBook B9400 telah diverifikasi sebagai PC Windows Secured-core - jaminan keamanan data dan aset terbaik di kelasnya untuk bisnis kita.

 

f. Perlindungan Dari Kejadian Tak Terduga

Sudah pernah liat laptop yang keamananya teruji dengan kualitas militer? Asus ExpertBook B9400 Jawabannya. Agar cukup kuat untuk semua perjalanan, laptop ini dibangun secara kokoh dengan paduan magnesium-lithium dan penguatan struktural untuk meningkatkan kekuatan sasis. Laptop ini memenuhi tes militer AS MIL-STD 810H tingkat berikutnya dan terdepan di industri, yang lebih ketat dan menuntut daripada sebelumnya. 


asus.com

Kita sering mengalami kejadian tak terduga saat berpergian. Yang membuat khawatir adalah ketika kita membawa laptop didalam tas dan saat terjatuh, laptop tersebut terbentur dengan lantai. Pengalaman sayapun demikian. Laptop saya mengalami kerusakan pada baterai akibat terjatuh. Belum lagi kalau teman kita nggak sengaja menindis tas berisikan laptop, perasaan menjadi was - was. Akhirnya, semua kekhawatiran tersebut membuat kita enggan membawa laptop kemana - mana. Padahal dalam urusan bisnis digital, laptop adalah komponen utama. Oleh karenanya, Asus ExpertBook B9400 ini juga menjalani pengujian internal yang ketat termasuk uji tekanan panel, guncangan dan jatuh untuk memastikan daya tahan, jadi tidak perlu khawatir saat terjadi benturan sehari-hari.

 

Komponen Spesial Asus ExpertBook B9400 Untuk Kemudahan Bisnis Digital

 

a. Keyboard dan TouchPad Yang Beraneka Ragam


Setiap laptop sudah dilengkapi dengan keyboard yang memadai. Namun, Asus ExpertBook B9400 ini memiliki keistimewaan pada keyboard dan touchpadnya. Seperti yang terlihat pada gambar, dari keyboard hingga touchpadnya, pengetikan dan kontrol kursor pada Asus ExpertBook B9400 adalah pengalaman yang menyenangkan. Semua berkat sejumlah fitur dan peningkatan yang meningkatkan produktivitas dan kenyamanan dalam mengerjakan bisnis digital. Adapun fitur yang disediakan yaitu NumberPad, Backlit keyboard, Spill-resistant keyboard, ErgoLift hinge, Function keys. 

Kita sudah tidak butuh pergerakan yang banyak saat ingin menangkap tangkapan layar, mengaktifkan webcam, atau mengakses aplikas sebab kita bisa langsung mengakses melalui tombol fungsi - secara instan.

 

b. Fitur Alexa Serasa Asisten Pribadi 

Hal istimewa lainnya yang bisa meningkatkan produktivitas bisnis digital adalah fitur Alexa. Fitur ini memudahkan kita menjalani hari, tanpa menggunakan tangan. Jadi kesannya kita punya asisten pribadi yang membantu bisnis kita. Kita bisa minta Alexa untuk menjadwalkan rapat, membaca email, merencanakan rute, atau bahkan meminta tumpangan. Hal ini adalah cara yang cerdas dan lebih efisien untuk menyelesaikan sesuatu. Bilah lampu khusus menyala saat Anda berbicara dengan Alexa. Tanya saja, dan Alexa akan langsung merespons. Keren banget kan..

 

c. Integrasi HP ke PC Lebih Mudah 

Ternyata laptop ini dilengkapi fitur yang bisa menghubungkan antara ponsel dan laptop. Fungsi link ke MyASUS secara mulus menghubungkan ExpertBook B9400 ke ponsel kita. Transfer file dan alamat situs web, terima pemberitahuan pop-up, baca dan kirim pesan, terima atau lakukan panggilan, dan layar cermin semua sudah bisa dilakukan dengan Asus ExpertBook B9400 Anda. Untuk mengirim file yang baru saja Anda ambil dari ponsel ke PC Anda, cukup ketuk untuk membagikannya secara instan. Anda juga dapat mengirim file dari PC ke perangkat seluler Anda dalam sekejap mata. Ini benar - benar kualitas kelas enterprise karena memudahkan segala kebutuhan bisnis digital kita dalam satu perangkat saja.

 

d. Perangkat Cinta Lingkungan

asus.com
 

Gimana jadinya ketika perangkat digital berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan. ASUS memastikan semua produknya sesuai dengan persyaratan lingkungan di semua tahap siklus hidup produk mereka. Bersertifikat Energy Star® 7.1 dan dinilai oleh EPEAT™ Gold, ExpertBook B9 hemat energi untuk membantu mengurangi biaya dalam jangka panjang. Selain itu, aksesori box yang hadir dengan ExpertBook B9 berubah menjadi dudukan laptop untuk peningkatan ekologis instan. Selain canggih, laptop Asus semuanya ramah lingkungan. 


Spesifikasi Asus ExpertBook B9400






Untuk informasi lainnya beserta harga yang ditawarkan, kalian bisa langsung mengunjungi situs resminya disini.

 

Kesimpulan

Setelah melihat spesifikasi Asus ExpertBook B9400, saya semakin yakin bisa meningkatkan produktivitas bisnis digital saya dengan laptop ini. Dengan tampilan, perfoma dan komponen istimewa yang ditawarkannya, laptop ini sudah sangat masuk dalam kategori laptop friendly yang bisa meningkatkan produktivitas bisnis digital kita semua. Semoga diberikan kesempatan untuk memiliki dan menjadikannya teman bisnis yang menyenangkan.

Zaman semakin berkembang, kita perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan digital yang canggih. Saya meyakini bahwa apapun yang kita ingin buat pasti menemukan jalan yang baik jika ditekuni sebagaimana mestinya. Karena jika hanya mengandalkan intelektual dan inovasi tinggi, kita tetap akan ketinggalan zaman. Jangan terpaku pada omongan tidak berbobot yang ingin menjatuhkan kita terutama yang akan atau telah memiliki bisnis. Jangan pernah berhenti belajar dan tingkatkan kualitas bisnis kita dengan digitalisasi.

Untuk para millenial, jangan takut untuk memulai bisnis kalian dan pilih Asus ExpertBook B9400 sebagai perangkat bisnis yang menunjang produktivitas semakin baik. Semoga bermanfaat. 

 

 

 "Postingan ini diikutsertakan dalam lomba menulis Asus ExpertCenter -ExpertBook 2021"

 

 

 

Sumber data :

https://www.asus.com/id/Laptops/For-Work/ExpertBook/

https://channel.asus.com/ExternalFile.aspx?path=d4aba9e085664a6d868349c2689b4406 

 



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Angkutan Umum Palu - Bencana Menenggelamkanku

Kota palu, tempat perantuan yang telah kujelajahi kurang lebih 2 tahun lamanya. Kota ini sangatlah unik, bukan hanya bagiku namun bagi orang - orang yang telah dan baru menginjakkan kakinya disini. kota ini menduduki peringkat pertama sebagai kota terpanas di indonesia. Ibukota provinsi Sulawesi Tengah yang juga dijuluki sebagai kota 5 dimensi dimana lautan, pegunungan, sungai, lembah dan teluk berada dalam satu kawasan. Namun, ada yang tak biasa yang aku lihat sepanjang menyusuri jalan. Biasanya pada pagi dan sore hari, jalan akan dipenuhi oleh orang - orang yang tengah menunggu didepan halte. Mereka menunggu angkutan umum, naik dan turun silih berganti untuk menuju ke tempat tujuan. Tapi pemandangan tersebut sangat minim disini.  Transportasi umum dikota ini seakan hilang ditelan bumi. Yang terlihat hanyalah mobil dan motor berlalu lalang setiap harinya. Kemana perginya mereka? Apa yang sebenarnya terjadi? Sejak terjadinya bencana gempa, tsunami dan likuifaksi pada tahun 2018 silam,

Mau Jadi Pribadi Hebat? Inilah Tips Meniti Karir Yang Sukses Di Masa Depan

sumber gambar (loker.id) Setiap Manusia yang dilahirkan ke bumi ini pasti memiliki keinginan untuk sukses. Kesuksesan yang tidak hanya berupa materi saja namun juga dapat berupa non materi. Adapun untuk menjadi pribadi yang berhasil tidaklah segampang mengucapkannya. seperti kata pepatah bahwa sukses itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Maksud dari pepatah tersebut ialah bahwa untuk menjadi orang yang hebat dan berhasil perlu adanya usaha yang keras untuk bisa mewujudkannya.    Thomas Alfa edison harus mengulang percobaannya hingga 9.998 kali sampai akhirnya sukses menciptakan lampu pijar yang menyala dengan sangat terang di percobaan ke-9.999. Bayangkan saja berapa lama waktu yang ia habiskan untuk melakukan penelitian tersebut namun Edison tidak pernah menyerah dan terus berusaha dan yakin bahwa ia akan berhasil melakukan percobaannya dan berhasil. Beda halnya dengan zaman seperti sekarang dimana bisa kita lihat bagaimana semua orang ingin menjadi sukses dengan

Memperoleh Kebaikan Tak Terhingga Dengan Berbagi

  Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara mendulang pahala dari Sang Pencipta. Berbagi adalah ketika kita mampu menebar kebaikan dan manfaat kepada siapa saja yang membutuhkannya. Tidak peduli apakah kita tinggal di rumah mewah dengan deretan kendaraan mahal atau hanya sekedar meneduh di rumah sederhana yang saling berhimpitan satu dengan lainnya. Yang terpenting, seberapa ikhlas kita dalam menyisihkan waktu, tenaga dan rezeki yang ada untuk mereka. Ini kisahku, seorang gadis biasa yang telah berhasil menyelesaikan studi di kota dan kembali ke kampung halaman. Niat awal ingin mencari pekerjaan tetap di kota namun karena pandemi covid-19 mengharuskanku menepi sejenak karena lapangan pekerjaan yang semakin minim akibat banyaknya perusahaan atau usaha yang bangkrut. Alhasil, berbekal ilmu yang tidak seberapa ini, aku memutuskan untuk membuka les privat ke beberapa rumah yang ada di sekitar tempat tinggalku. Penghasilannya tak seberapa bahkan bisa dibilang kurang. Namun aku s