Langsung ke konten utama

Mahasiswa Itu Spesial, Kenali Cara Unik Dalam Menghasilkan Uang tambahan



Tahun 2019 ini perkembangan teknologi semakin meningkat dari segi kualitas dan kontennya. Bagaimana tidak, sudah sangat jarang kita melihat masyarakat yang bekerja secara manual tetapi hampir semuanya telah menggunakan perangkat laptop, komputer ataupun smartphone. Hal ini didasari pada kebutuhan manusia yang serba instan dalam mengerjakan atau mendapatkan sesuatu. Hal ini kemudian mendorong banyak generasi – generasi muda untuk mengembangkan kemampuan di bidang teknologi agar dapat bersaing di era digital seperti saat ini.

Menjadi seorang mahasiswa tentu dituntut untuk bisa menguasai satu bidang ahli dan menciptakan suatu inovasi yang akan membuat Indonesia semakin berkembang. Bukan hanya sekedar belajar, lulus kemudian menjadi pekerja kantoran seperti yang saat ini menjadi tolak ukur masyarakat. Bukankah kita sebagai mahasiswa seharusnya mampu membawa perubahan dilingkup masyarakat? Lantas untuk apa kita belajar jika tidak dimanfaatkan untuk memperoleh uang?. Motivasi seperti inilah yang membuat saya berkomitmen untuk membuat suatu usaha atau bisnis yang menjadi salah satu sumber penghasilan saya untuk membiayai kuliah tanpa harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Siapa bilang menjadi mahasiswa itu sulit? Setiap mahasiswa memiliki caranya masing - masing untuk menjalani aktivitasnya selama menuntut ilmu. Saya sendiri membagi dua hal terpenting yang perlu diimplementasikan yaitu: 

 
a. Selfnote Activity

Selfnote Activity ini adalah program yang harus dimiliki oleh mahasiswa sejak iya duduk dibangku semester awal. Hal ini sangat menentukan arah hidup kalian selama menjalani perkuliahan. Kita jadi bisa paham dimana kegiatan yang sangat penting dan tidak boleh ditinggalkan, hal penting yang masih bisa ditinggalkan serta hal yang tidak begitu penting dilakukan. Dengan terkelolanya aktifitas yang akan dilakukan, kita jadi tahu kapan waktu untuk beribadah, mengerjakan pekerjaan sampingan dan waktu istirahat. 

 
b. Time Management

Kehidupan Mahasiswa sangat erat dikaitkan dengan Time Managementnya. Ketika menjadi mahasiswa, banyak hal baru yang akan kita temui sehingga rasa ingin tahu menjadi lebih tinggi dibandingkan saat masih bersekolah dulu. Waktu menjadi hal kecil yang akan membesar bila disepelekan. Disinilah kita harus mampu mengendalikan waktu dengan sebaik mungkin agar apa yang telah direncanakan itu tidak ada yang terlewat atau terlupakan.


Nah, kedua rumus di atas adalah acuan saya dalam berutinitas setiap harinya. Terus apa kaitannya dengan menghasilkan uang?. Saya sendiri mulai berfikir untuk merintis usaha sendiri ketika duduk dibangku semester awal dan akhirnya bisa membuka usaha yang menjadi keinginan saya sejak dulu berkaitan dengan buku sebab beberapa faktor dan tentunya doa yang terus saya panjatkan. 




 
Sekarang usaha sampingan ini telah berjalan hampir 1 bulan. Lantas apa – apa saja faktor yang mempermudah usaha sampingan saya berjalan dengan baik. Simak berikut ini:

 
a. Mencari Beasiswa

Saya bukanlah dari keluarga yang kaya tetapi bukan juga dari kalangan kurang mampu. Saya memposisikan kondisi ekonomi saya di level menengah sehingga tentu masih banyak kekurangan yang saya harus tutupi. Sebenarnya usaha ini memang terbesit ketika saya kesulitan mendapatkan beasiswa di awal perkuliahan namun buka usaha tanpa modal juga untuk apa? Jadi saya berusaha terus mencari beasiswa apa yang sesuai dengan kriteria saya. Ketika duduk dibangku semester 4, akhirnya saya lolos dalam program beasiswa tahunan yang diadakan oleh salah satu instansi dengan penawaran biaya hidup selama 1 tahun. Disinilah kesempatan saya untuk merintis usaha kecil dengan menyesuaikan tabungan yang saya simpan dari uang beasiswa ini. 

 
b. Memanfaatkan Teknologi

sudah bukan hal yang asing bagi masyarakat terkhusus saya dalam menggunakan internet. Jalannya usaha saya ini juga berkat penunjang seperti laptop dan internet. Walaupun tidak sebagus yang dibayangkan, Saya masih tetap bisa berinovasi dan berkreasi dengan laptop yang saya miliki dan mencari banyak referensi dengan menelusuri situs – situs yang ada di internet. Kedua hal tersebut sangat membantu saya dalam mengembangkan usaha saya tersebut.

c. Ikut Kegiatan/Lomba

Salah satu seminar kewirausahaan (Dok. Pribadi)

Menjadi mahasiswa tidak hanya bergelut dengan dunia kampus saja tetapi perlu diseimbangkan dengan kegiatan – kegiatan bermanfaat yang ada diluar kampus. Nah karena saya tertarik dan mulai merintis usaha sampingan, maka saya banyak mengikuti kegiatan kewirausahaan dan kepemudaan. Saya merasa puas bukan ciri khas saya maka terus mengasah kemampuan dan memperbanyak ilmu itu sangatlah penting. Adapun kegiatan kepemudaan sendiri saya maksudkan untuk mencari lebih banyak relasi sesama pemuda/mahasiswa yang akan membantu mempromosikan atau menjadi konsumen dari usaha yang saya rintis tersebut. hal ini sangat berguna dan bermanfaat untuk perkembangan usaha saya secara meluas. Adapun kemampuan menulis yang saya miliki tidak tersia – siakan sebab beberapa event lomba telah memilih saya sebagai juara sehingga uang yang diberikan menjadi salah satu penanmbah modal saya dalam mengembangkan usaha sampingan tersebut.

d. Sosial Media

sosial media bukanlah hal yang paling mempengaruhi bisnis saya. Namun, hampir semua masyarakat menggunakan sosial media dalam kehidupan sehari – harinya maka dengan ikut menjadi bagian dari “netizen”. Saya bisa mengenali hal – hal apa saja yang populer dan menajdi ketertarikan banyak orang kemudian juga mampu menjadi media promosi yang cukup membantu dalam memperkenalkan usaha saya kepada masyarakat sehingga tak perlu susah – susah untuk mendatangi orang – orang tersebut dan mempromosikannya layaknya Sales.


 
Sebenarnya memiliki usaha sampingan selama berkuliah bukanlah hal yang mudah tetapi juga bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Ada banyak ide dan cara tersendiri yang dimiliki mahasiswa dalam menjalani usaha sampingan demi memperoleh penghasilan tambahan dan tips dari saya bisa menjadi salah satu inspirasi dalam memulai usaha sampingan. Banggakan apabila bisa menghasilkan uang sendiri dan membiayai segala kebutuhan hidup tanpa membebankannya kepada Orang tua. 

Oleh karena itu, menjadi mahasiswa bukanlah kesengsaraan yang harus dilalui melainkan moment spesial yang membantu menemukan jati diri serta membentuk kreativitas kita untuk mampu menghadapi kerasnya kehidupan yang sebenarnya.  


 
Kamu yang masih bingung mau mencari ide atau inspirasi dalam menghasilkan uang bisa juga  mengunjungi situs pemberi inspirasi terbaik yaitu Moneysmart . Dijamin kalian akan mendapatkan pengalaman menarik ketika mengunjungi situs ini.

 
Semoga tulisan ini juga memberikan dampak positif untuk kalian para mahasiswa seperjuangan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Angkutan Umum Palu - Bencana Menenggelamkanku

Kota palu, tempat perantuan yang telah kujelajahi kurang lebih 2 tahun lamanya. Kota ini sangatlah unik, bukan hanya bagiku namun bagi orang - orang yang telah dan baru menginjakkan kakinya disini. kota ini menduduki peringkat pertama sebagai kota terpanas di indonesia. Ibukota provinsi Sulawesi Tengah yang juga dijuluki sebagai kota 5 dimensi dimana lautan, pegunungan, sungai, lembah dan teluk berada dalam satu kawasan. Namun, ada yang tak biasa yang aku lihat sepanjang menyusuri jalan. Biasanya pada pagi dan sore hari, jalan akan dipenuhi oleh orang - orang yang tengah menunggu didepan halte. Mereka menunggu angkutan umum, naik dan turun silih berganti untuk menuju ke tempat tujuan. Tapi pemandangan tersebut sangat minim disini.  Transportasi umum dikota ini seakan hilang ditelan bumi. Yang terlihat hanyalah mobil dan motor berlalu lalang setiap harinya. Kemana perginya mereka? Apa yang sebenarnya terjadi? Sejak terjadinya bencana gempa, tsunami dan likuifaksi pada tahun 2018 silam,

Mau Jadi Pribadi Hebat? Inilah Tips Meniti Karir Yang Sukses Di Masa Depan

sumber gambar (loker.id) Setiap Manusia yang dilahirkan ke bumi ini pasti memiliki keinginan untuk sukses. Kesuksesan yang tidak hanya berupa materi saja namun juga dapat berupa non materi. Adapun untuk menjadi pribadi yang berhasil tidaklah segampang mengucapkannya. seperti kata pepatah bahwa sukses itu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Maksud dari pepatah tersebut ialah bahwa untuk menjadi orang yang hebat dan berhasil perlu adanya usaha yang keras untuk bisa mewujudkannya.    Thomas Alfa edison harus mengulang percobaannya hingga 9.998 kali sampai akhirnya sukses menciptakan lampu pijar yang menyala dengan sangat terang di percobaan ke-9.999. Bayangkan saja berapa lama waktu yang ia habiskan untuk melakukan penelitian tersebut namun Edison tidak pernah menyerah dan terus berusaha dan yakin bahwa ia akan berhasil melakukan percobaannya dan berhasil. Beda halnya dengan zaman seperti sekarang dimana bisa kita lihat bagaimana semua orang ingin menjadi sukses dengan

Memperoleh Kebaikan Tak Terhingga Dengan Berbagi

  Berbagi kepada sesama merupakan salah satu cara mendulang pahala dari Sang Pencipta. Berbagi adalah ketika kita mampu menebar kebaikan dan manfaat kepada siapa saja yang membutuhkannya. Tidak peduli apakah kita tinggal di rumah mewah dengan deretan kendaraan mahal atau hanya sekedar meneduh di rumah sederhana yang saling berhimpitan satu dengan lainnya. Yang terpenting, seberapa ikhlas kita dalam menyisihkan waktu, tenaga dan rezeki yang ada untuk mereka. Ini kisahku, seorang gadis biasa yang telah berhasil menyelesaikan studi di kota dan kembali ke kampung halaman. Niat awal ingin mencari pekerjaan tetap di kota namun karena pandemi covid-19 mengharuskanku menepi sejenak karena lapangan pekerjaan yang semakin minim akibat banyaknya perusahaan atau usaha yang bangkrut. Alhasil, berbekal ilmu yang tidak seberapa ini, aku memutuskan untuk membuka les privat ke beberapa rumah yang ada di sekitar tempat tinggalku. Penghasilannya tak seberapa bahkan bisa dibilang kurang. Namun aku s